rel='shortcut icon'/> aryudiwai mind: Beton ku sayang beton ku malang

Agustus 04, 2010

Beton ku sayang beton ku malang

Posted by aryudiwai at 21.56
Sebelum meninggalkan kota singkawang bulan april yang lalu karna harus pergi mengejar mimpi....atau pribahasa kerennya.....carilah ilmu ampe  ke negri china....ada hal menarik yaitu proyek betonisasi di beberapa jalan singkawang dan  dari info yang saya dapat hingga berita ini di tulis belum selesai juga proyek tersebut.
Kita review sedikit ....behind the scene proyek betonisasi ......tujuannya mulia agar singkawang tidak ada bencana banjir lagi....dan ada satu alasan klasik yaitu masih ada dana yang kalo nggak di pake akan kembali ke pusat..... ( btw itu bukan inti review saya ....karna  I have no right ......not my teritorial...he 2 ).

Membangun kota yang baik tentu kota itu harus jadi indah, sehat dan memberikan penghidupan yang layak.....bahasa nya ketinggian nggak ya...hope not....Banjir sudah jadi tradisi dan budaya singkawang....karna jadi objek wisata dadakan dan selalu di tunggu (..kapan ya banjir lagi.....thats true ..) walau satu sisi sangat merepotkan bagi mereka yang kebanjiran....dan mungkin bikin sengsara ...dan pasti ada dong ada yang di untungkan...tuh yang jual makanan...... jadi kesimpulannya banjir is fine...it already part of life @singkawang.....betul? kalo nggak setuju boleh kok....kita kan negara Pancasila yang menghargai perbedaan........katanya......he2.


Bagi saya singkawang kalo nggak banjir.....ada yang kurang ( thats my mind....ok )...ada festival tahunan yang batal....jadi menurut saya menggunakan dana untuk betonisasi tidak efektif....kalo memang mau mencegah banjir...masih banyak cara nya ( bisa minta saran ama para pakar tata kota......he2 ) ....efek sosial yang di timbulkan dari betonisasi.....debu....mobilisasi warga agak terganggu.....walaupun kita maklum itu untuk kepentingan masyarakat juga. ( syukur2 mutu proyeknya setimpal ama pengorbanan masyarakat.......he2 ) dan terbukti mengatasi banjir.......sebenarnya dalam hati saya nggak rela....i miss u.....banjir.

Pertanyaan nya sekarang apakah nanti kota Singkawang tetap indah ?...atau justru mubazir  dengan tata kelola kota yang salah.....hope not happen,...toh kita semua yang akan menanggungnya....hiiiii seram kedengarannya.....dan kalo makin indah ...toh kita juga yang menikmatinya....jadi pada prinsipnya kalo mau membangun kota walau dengan tujuan mulia harus dengan study kelayakan yang dapat di pertanggung jawabkan hingga bikin bangga masyarakatnya..........tapi saya tetap nggak rela kalo nggak ada banjir....already miss u...
 

aryudiwai mind Copyright © 2009 Blue Glide is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Journal