rel='shortcut icon'/> aryudiwai mind: CROP CIRCLE ? UFO OR HELLOKITTY...

Januari 25, 2011

CROP CIRCLE ? UFO OR HELLOKITTY...

Posted by aryudiwai at 23.40
Crop Circle adalah suatu pola rumit yang terbentuk pada ladang-ladang tanaman gandum, barley, rye, jagung, lobak dll. Fenomena ini biasanya muncul di musim panas saat ladang pertanian ditumbuhi dengan tanaman dan banyak ditemukan di Inggris, Canada, Amerika, Australia dan Jepang.Sudah hampir 350 tahun semenjak kemunculannya pertama kali di Inggris pada tahun 1647, sampai sekarang belum ada jawaban yang pasti bagaimana cara mereka terbentuk.

Dari masa ke masa, Crop Circle semakin banyak bermunculan dengan pola-pola yang rumit dan luar biasa kompleks. Beberapa diantara Crop Circle yang muncul mengambil image stereotip makhluk luar angkasa yang digambarkan dalam film-film fiksi ilmiah, fraktal, dan simbol-simbol arkeologi, agama, atau mitologi.
Akibatnya Crop Circle memunculkan banyak spekulasi dan mengundang banyak perdebatan. Para penggemar hal-hal paranormal dan pakar UFO menawarkan teori-teori yang belum mendapatkan bukti konkrit dan masih bersifat opini dan pada akhirnya menerima kritik dari berbagai kelompok skeptis seperti "Inquiry Skeptical Comitte".


Kompleksitas pola Crop Circle yang meningkat dari tahun ke tahun memunculkan kesan seakan-akan pembuatnya telah mendapatkan kemampuan baru berdasarkan pengalaman dari hasil karyanya yang sebelumnya. Ada berbagai teori yang ditawarkan sebagai solusi fenomena Crop circle diantaranya: 

-Cuaca
Menurut fisikawan dari Universitas Michigan, AS yakni Dr.Delon Smith, bahwa perubahan musim panas tidak menentu, angin tornado adalah sebab utama yang menyebabkan lingkaran aneh itu. Melalui risetnya dia mendapati, bahwa sejumlah besar lingkaran aneh di ladang gandum yang muncul di sisi gunung atau daerah yang berjarak 60-70 km dari gunung, dimana tempat seperti ini adalah tempat yang mudah sekali membentuk angin tornado.Tetapi tentu saja aneh jika angin tornado bisa membuat pola sekompleks itu.

-Medan Magnet 
Dalam medan magnet terdapat suatu daya gerak yang dapat menghasilkan suatu arus listrik, sehingga tanaman “berbaring datar” di atas permukaan tanah. Ahli terkait asal AS yakni Jeffery Walson telah meneliti 130 lebih lingkaran ladang gandum, dan didapati bahwa 90 % disekitar lingkaran aneh tersebut terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel tegangan tinggi. Di bawah panjang garis keliling sepanjang 270 meter tersebut terdapat sebuah kolam, oleh karena di-airi, maka ion yang dikeluarkan tanah dari bagian dasar ladang gandum dapat menghasilkan elektrik negatif, sedangkan transformator yang dihubungkan dengan kabel tegangan tinggi menghasilkan elekrik positif. Setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan dapat menghasilkan energi magnet listrik, selanjutnya merobohkan gandum lalu membentuk lingkaran aneh. Teori ini juga masih terlihat meragukan mengingat kompleksitas Crop Circle.

-Heterodoxy
Penganut teori ini percaya bahwa Crop Circle memnyimpan berbagai macam kekuatan gaib. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa sesungguhnya bumi itu hidup dan Crop circle adalah cara bumi mengirimkan pesan pada manusia atau memperingatkan kejadian bencana alam.

-UFO atau mistisme
Crop Circle sering dianggap sebagai jejak bekas pendaratan UFO, atau cara alien berkomunikasi dengan manusia diperkuat dengan berita adanya penampakan sesuatu yang memiliki karakteristik seperti UFO pada beberapa peristiwa Crop Circle. eberapa peristiwa kemunculan crop Circle diberitakan sering disertai fenomena pemunculan ufo yang berbentuk bola cahaya. Sebuah video yang berhasil merekam proses terjadinya sebuah crop circle (di oliver’s castle tahun 1996, lihat foto atas) menunjukkan bahwa sebuah crop circle terbentuk dalam waktu hanya sekitar 20 detik saja, padahal besarnya mencapai puluhan meter. Bahkan muncul teori bahwa fenomena ini telah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Sebuah ukiran pahatan kayu dari abad 17 yang dinamakan “Mowing Devil” menunjukkan ada makhluk yang dipercaya adalah setan, membuat kerusakan berupa lingkaran di ladang pertanian.

-Ulah Manusia
Banyak pendapat yang menyatakan bahwa Crop Circle tidak mungkin merupakan hasil karya manusia, tapi apakah benar begitu? Yang kita bicarakan disini adalah "hewan" tercerdas yang pernah menginjak muka bumi, yang telah berkali-kali mengubah kemustahilan menjadi realita sehingga membuat perkataan "mustahil" jadi membosankan.Di tahun 1991 dua orang pria yang bernama Doug Bower dan dave Chorley menyatakan bahwa merekalah yang membuat Crop Circle di tahun 1978 dengan membuat pola lingkaran pada tanaman menggunakan alat-alat yang relatif sederhana seperti papan, tali dan kawat, hanya dengan peralatan tersebut mereka dapat membuat Crop Circle berbentuk lingkaran berdiamater 40 kaki (12m) dalam 15 menit. Singkat cerita, karena apa yang mereka kerjakan tidak mendapatkan publisitas signifikan, akhirnya mereka memutuskan kembali membuat Crop Circle dengan pola yang lebih rumit di Matterly Bowl, tepat di luar Winchester Hampshire, sebuah lokasi yang mudah terlihat oleh pengendara dari jalan raya. Chorley meninggal pada tahun 1996, dan Doug Bower telah membuat Crop Circle lagi di tahun 2004.

Teori lain yang cukup menarik datang dari Jerry Decker, Cheyenne Turner, Ron Barker, Chuck Henderson yang juga mereka kemukakan dalam diskusi bersama kolega-kolega dari KeelyNet (selengkapnya mengenai KeelyNet lihat sumber). Sebagian isi teori itu menyebutkan bahwa Crop Circle yang muncul di amerika ada hubungannya dengan salah satu program pertahanan serangan rudal balistik nuklir strategis yang dibuat oleh Presiden AS Ronald Reagan pada 23 Maret 1983  : Strategic Defense Initiative (SDI)  atau juga dikenal dengan sebutan Star wars program.

Teori mereka kurang lebih sebagai berikut : 

Sejak pengoperasian SDI (Star Wars program) manusia memiliki kemampuan memproyeksikan sinar laser intensitas tinggi segera diikuti tegangan listrik yang tinggi ditujukan ke suatu tempat yang dituju di bumi.
     

SDI menggunakan laser intensitas tinggi (excimer LASERS) yang menghasilkan berkas cahaya ultraviolet.  Jika laser UV tersebut diarahkan dengan tepat dari satelit ruang angkasa (dimaksudkan untuk digunakan untuk tujuan SDI), maka "menggambar" sesuatu di bumi atau di ladang tanaman tidak sulit dilakukan .
Tanaman akan "meleleh" sehingga menyebabkan efek membungkuk. Itulah sebabnya pemeriksaan mikroskopis tangkai menunjukkan tidak adanya sobekan atau pecah selular yang akan muncul jika dibengkokkan dengan kekuatan.
Teori ini juga menjelaskan tentang cahaya dan suara yang muncul karena dalam prosesnya, metode ini memungkinkan munculnya cahaya dan suara. 

End Note : 
Pada 18 agustus 2000 peneliti crop circle Colin andrews menyatakan bahwa setelah selama 2 tahun dia mempelajari crop circle-crop circle yang ada 80% adalah hoax



Beberapa Crop Circle telah terbukti hanyalah hasil rekayasa berlatar belakang bisnis, kepentingan pribadi, pariwisata dll. Misalnya saja Crop Circle Hello Kitty yang ditujukan perusahaan Sanrio (perusahaan yang mempunya hak kepemilikan atas karakter "Hello Kitty") untuk merayakan ulang tahun "Hello Kitty" yang ke-30. Itu saja ?
Belum.........Ada juga Crop Circle Mitsubishi Minivan yang digunakan sebagai bentuk promosi produk.




Atau anda juga tertarik untuk "melakukan pemesanan" ?
Kunjungi www.circlemakers.org, mereka bisa membuatkannya untuk anda dan bagi mereka waktu satu malam itu cukup.




Andaikan saya punya ladang sepertinya bagus juga jika saya "memesan" crop circle, menyuruh mereka merahasiakan pembuatannya, lalu mempublikasikan ladang saya untuk mendapat keuntungan materi darinya, atau jika saya adalah walikota yang ingin mengembangkan pariwisata di kota saya, saya bisa membayar orang untuk saya jadikan ladangnya sebagai tempat munculnya crop circle, lalu membayar si pemilik ladang dan pembuatnya supaya merahasiakan itu semua. Tapi pada akhirnya selama belum ada fakta dan bukti pasti tentang bagaimana terbentuknya Crop Circle, fenomena Crop Circle masih akan tetap menjadi misteri....
Manapun teori yang benar saya rasa Crop Circle dengan pola-pola artistiknya bisa menghibur apalagi kita sudah capek ama gosip politik yang makin konyol dan tolol.....
 

aryudiwai mind Copyright © 2009 Blue Glide is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Journal