rel='shortcut icon'/> aryudiwai mind: REPUBLIK FACEBOOK

Januari 02, 2011

REPUBLIK FACEBOOK

Posted by aryudiwai at 03.34
Bahwa facebook-an telah menjadi rutinitas harian kaum melek teknologi di Indonesia bukan sebuah kabar baru lagi. "facebook kamu apa", "punya facebook nggak" sekarang menjadi question item kalau berkenalan dengan orang baru atau bertemu teman lama. Kalau jawaban anda "apaan tuh" , bersiap-siaplah dengan jawaban balik "hari gene….??!!". Selain untuk keep in touch sama teman-teman, menemukan kembali teman LAMA dan menambah teman, kan asyik juga tuh kalau di statusku tertulis "Aryudiwai now become friends with Indah Kalalo", "Obama tagged Aryudiwai in his note".  Penting nggak sih?? Penting ya? Penting nggak? Penting lah!!!....Alay mode on

Bukan hanya personal yang mempunyai account di situs ini tapi juga group band, perusahaan dan institusi bernama universitas pun tidak mau kalah untuk unuk eksistensi di dunia maya walaupun hanya lewat facebook. Salah satu stasiun TV local yang terkenal saja menggunakan facebook untuk berinteraksi langsung on air dengan pemirsanya. Sampai-sampai situs jejaring social yang dibuat oleh YAHUDI......ini sempat menjadi topic bahasan kaum pesantren dan mengharamkannya (aduh, kayaknya yang mengharamkan itu media deh)beberapa saat lalu. Segitunya kah? Is that a sign that facebook become one of central role in our life? Hmm…the answer is on how you place the fb in your daily life. 

Terlepas dari pro dan kontra mengenai facebook, here are some fact of the so called facebook;
Pertama, per April 2010, Negara dengan penetrasi tertinggi oleh facebook adalah Islandia dengan tingkat penetrasi 46, 89%. Sementara Indonesia ada di urutan 71 dengan penetrasi 1, 35%. Wajar sih, mengingat penduduk kita 200 juta lebih. 

Kedua, USA menjadi Negara dengan jumlah pengguna fb terbanyak, 5o juta lebih. Dan Indonesia menempati posisi 9 dengan jumlah pengguna 3,1 juta pengguna. 

Ketiga, facebook adalah website paling popular nomor 2 di Indonesia setelah google. Apa kabarnya dengan friendster? Sekarang jatuh ke nomor 6. Website local yang ada di top 10? Detik di nomor 9 dan Kaskus di nomor 10. 

Keempat, jika facebook adalah sebuah Negara, maka dia adalah Negara ke 3 terpadat di dunia dengan jumlah "penduduk" sebanyak 750 juta. Tepat di bawah India yang berada di posisi ke 2. Indonesia  telah  disalib ama facebook sih...... Makanya, yang pada bujang, cepetan nikah dan buat anak yang banyak biar Indonesia bisa bersaing ama Facebook.... #dont try#
World Populations: 8.Twitter 7.Brazil 6.Indonesia 5.MySpace 4.USA 3.Facebook 2.India 1.China 

Kelima, Negara dengan jumlah pengguna terendah adalah Iraq, Estonia, dan Latvia dengan jumlah user dibawah 20. Nah kan, kayaknya kesejahteraan dan keamanan itu berbanding lurus dengan penggunaan facebook. Tapi kalau facebook bisa dipakai buat nembak musuh, user di Iraq bakal meningkat tajam tuh. Sayangnya fb cuma bisa buat nembak pasangan (emang bisa ya?) 

Yang terakhir, rata-rata pengguna facebook mengahabiskan waktu 21 menit disana dan mengunjungi facebook rata-rata 4 kali sehari, hampir sama dengan shalat wajib harian dan mengalahkan waktu makan rata-rata orang Indonesia. So, how 'bout you? How much you spend (money and time)? For fb? 
Setidaknya itu data yang aku dapat dari Applymagazine. Mudah-mudahan sih itu bakalan jadi soal yang bakal ditanyain sama professor penguji TESISKU nanti. Bakalan ada nggak pesaing yang akan menggeser facebook?Let we see…!!
 

aryudiwai mind Copyright © 2009 Blue Glide is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Journal