rel='shortcut icon'/> aryudiwai mind: INI SAN KEU DJONG...BUKAN SINGKAWANG

Februari 06, 2011

INI SAN KEU DJONG...BUKAN SINGKAWANG

Posted by aryudiwai at 14.41
Dalam liburan kali ini, saya baru menyadari kalo kota ini menawarkan atau menjual masa lalu. Setiap orang yang berkunjung ke kota ini mencoba mencari masa lalunya. Tidak ada yang salah dengan kota ini, saya selalu berharap ada de ja vu. Bagi yang tahu atau pernah ke kota ini mungkin akan bingung dengan judul di atas, kenapa San Keu Djong bukan Singkawang?

Para pencari masa lalu selalu berharap yang muncul adalah san keu djong, image kota yang di kelilingi  bukit, ada lautan dengan pasir yang panjang, suasana asri penuh damai, canda tawa yang menyapa di setiap sudut tanpa ada rasa curiga dan canggung. Kehidupan masyarakat yang membaur tanpa ada kesenjangan yang mencolok karena semua merasakan semangat yang sama ( baca: all for one=one for all). Ini adalah spirit masyarakat kota ini yang sebenarnya. Bagi pencari masa lalu seakan terbawa dalam nuansa romatis masa lalu yang akan kekal tersimpan dalam kenangan ( baca: memoar san keu djong)

Pencari masa lalu akan kecewa bila yang muncul image Singkawang, kota yang telah salah urus, gagal dalam perencanaan tata ruang, saling curiga dan arogan antar golongan, kesenjangan sosial intern dan ektern, tidak ada lagi rasa aman dan canda tawa yang membaur. Singkawang telah hidup dengan egonya sendiri, memakai gincu yang terlalu menor dan vulgar. Spirit kebersamaan telah mati, yang ada kepentingan golongan dan politik yang dominan. Masyarakat singkawang di paksa ikut arus permainan politik sejumlah elite dan sentimen agama yang di koar2 pake toa oleh sekelompok ormas yang nggak tahu spirit dan sejarah kota ini.

Bagi saya sebagai pencari masa lalu akan selalu berharap menemukan san keu djong sebagi kota yang hilang, bisa mengungkap misteri masa lalu adalah tantangan dan berharap sejarah keemasan kota ini muncul kembali. Spirit of San keu djong lebih benar dan memberi harapan daripada spirit of singkawang yang berkonotasi negatif dan bermuka dua.
Semoga kota ini tetap menjual masa lalu San keu Djong bukan Singkawang.........Happy lunar year 2011....
 

aryudiwai mind Copyright © 2009 Blue Glide is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Journal