rel='shortcut icon'/> aryudiwai mind: DRAGON FAMILY

Februari 11, 2011

DRAGON FAMILY

Posted by aryudiwai at 16.10
Membayangkan sebuah keluarga besar terdiri dari beberapa klan or marga yang dibentuk dengan tujuan mulia, dengan struktur organisasi layaknya perusahaan yang terkoordinasi dengan baik. Sebuah keluarga besar yang di pimpin seorang tetua klan dengan maksud merangkul semua kepentingan dan memberikan kesejahteraan dan keamanan bagi klan nya. Mungkin pikiran kita akan membayangkan cerita Triad di China daratan atau Hongkong bahkan Mafiaso dari sisilia yang terkenal dengan God Fathernya.

Hal yang mau saya share adalah konsep kekeluargaan dan keakraban yang terbentuk tanpa sengaja tanpa memandang status dan gender. Di sebuah tempat bernama Hok Lo Nam, barat dari kota San Kheu Djong atau bahasa populernya Singkawang, ada sebuah klan yang terbentuk dengan konsep ini. Dengan tingkat keragaman yang kompleks , dimana rata2 masyarakatnya adalah merantau hampir merata ke seluruh dunia demi perubahan bagi keluarga.

Ditempat ini, klan terbentuk dan menjadi semacam ikatan emosial para alumninya, dan sampai hari ini mungkin sudah melibatkan 3 generasi yang terus terkoneksi dengan baik. Memang tidak semua alumni masih mau terlibat dalam klan  tetapi mayoritas masih merasa bagian dari keluarga besar ini . Ada semacam hukum yang tidak tertulis untuk saling melindungi dan membantu dengan kapasitas dan jaringan yang di miliki para alumninya. 

Pola dan konsep klan yang di bangun dengan ikatan emosial mempunyai efek dahsyat apabila di gunakan dengan baik dan positif, dengan segala latar belakang yang ada akan tercipta sinkronisasi yang luar biasa, tanpa perlu komando semangat kebersamaan akan terpanggil apabila menyangkut klan. Secara fisik klan ini mungkin akan terkikis oleh waktu, tapi dengan media sosial seperti facebook, twitter or blog ikatan ini justru terus terkoneksi dan menjadi sangat kuat. Para anggota klan juga pencari masa lalu dan akan terus mencoba menata ulang masa lalunya.

Dragon family adalah nama yang tepat bagi klan ini, organisasi tanpa komando yang terus hidup di hati masing2 alumninya, hidup boleh berubah tapi ikatan emosional  tetap terjaga. Jangan pernah takut di libas dengan waktu, Klan adalah abadi dimanapun kita meginjak bumi ini. Dragon Family ala Hok Lo Nam, memberikan catatan dan teguran pada kita untuk selalu membumi...........


 

aryudiwai mind Copyright © 2009 Blue Glide is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Journal