rel='shortcut icon'/> aryudiwai mind: Bangsawan kesiangan

Juli 07, 2011

Bangsawan kesiangan

Posted by aryudiwai at 16.15
Semua orang pasti terobsesi pengen jadi keluarga bangsawan, hidup layak dunia dongeng dengan segala fasilitas. Punya mimpi jadi bangsawan adalah normal dan waras, yang nggak waras adalah pengen jadi bangsawan dengan jalan pintas *Royal Wannabe* yang akhirnya jadi bangsawan kesiangan.

Tujuannya bisa macam2, dari sekedar gaya hidup, sosialita ataupun pencitraan... untuk mendapat gelar bangsawan jaman sekarang sangat gampang apalagi versi lokal. Kesultanan yang rajin memberikan gelar bangsawan setiap tahun adalah keraton solo, yang pada prinsipnya untuk mendapatkan gelar bangsawan ada persyaratan yang perlu di nilai kelayakannya. 

Hal yang paling prinsip untuk mendapat gelar bangsawan keraton solo adalah aktif dalam menjaga kelestarian budaya jawa khususnya keraton, tapi kenyataannya banyak sekali orang awam yang nggak jelas peranannya dalam kebudayaan jawa keraton bisa memperoleh gelar tersebut.
Dari kenyataan ini, muncul dugaan dan kecurigaan, layak kah gelar bangsawan itu ? jelas sudah melenceng jauh dari prinsip awal, atau justru emang gelar itu bisa di beli ? ...

Mendapatkan gelar bangsawan dengan cara ini jelas bikin malu, dan akan jadi bahan tertawaan masyarakat yang mempertanyakan layak tidaknya mendapat gelar bangsawan.
Kalo tujuannya pencitraan jelas salah besar, agar mendapat nilai plus tentu salah kaprah. Berapa banyak kepala daerah yang sudah diberi gelar bangsawan tapi nggak ada hubungannya dengan budaya jawa apalagi keraton.

Bagi mereka yang di beri gelar bangsawan bisa berkelit kalo mereka mendapat gelar tersebut karena dianggap layak dan lolos seleksi ... argumen yang salah kaprah tanpa isi. Coba di refresh otaknya dulu , apa hubungan nggak sama budaya jawa ? budaya keraton ? kontribusinya apa ?
Bukan kebanggaan yang di dapat tapi malah di cap tolol dianggap bangsawan kesiangan. Untuk semua kepala daerah , saya cuma ingatkan bahwa masyarakat nggak butuh bangsawan untuk jadi pemimpin tapi pemimpin yang merakyat....
 

aryudiwai mind Copyright © 2009 Blue Glide is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Journal