rel='shortcut icon'/> aryudiwai mind: Januari 2011

TITLE-TEXT

your summary/description here ...

Free Blogger Template

Ipietoon provide free blogger template, blogger trick and tips, design resources

Januari 27, 2011

SMILES COLLECTOR

Posted by aryudiwai at 03.10
Orang2 mungkin mengumpulkan koin, perangko, buku dan barang antik, juga kacamata, jam tangan, pena dan sampel cairan tubuh  untuk dijual langsung atau lelang. 
Seni atau kepuasan seorang kolektor adalah pada saat menemukan barang yang paling di incar or dicari walau di ujung langit, yang mungkin bagi orang2 hanya sebongkah sampah yang merepotkan. Dan masalah harga sudah menjadi hal yang ke sekian sepanjang kepuasan itu terpenuhi. Pada saat mereka mati, peninggalan dari koleksi inilah yang akan di wariskan pada keturunan, dan sang kolektor tidak mungkin membawa apa2 lagi.....teori from dust to dust.... dan akan lain kalo kita koleksi senyum karena di bawa mati.....

Sebagai seorang Kolektor Senyum or smiles Collector, saya mengumpulkan Koleksi saya dimana saja , kemana saja saya pergi, sini atau akhirat....ha2, Mengumpulkan senyum ada Passion atau kepuasan tersendiri   dan saya  melakukan hal ini sejak merasa senyum adalah hal yang paling berharga dan indah serta tak ternilai harganya.  Senyum adalah suatu yang  gratis dan tidak mungkin disimpan menjadi   barang Pribadi. Senyum adalah universal dan hak asasi setiap orang yang mengaku manusia, demikian sebaliknya senyum bisa di kumpulkan oleh siapa saja....is free, so just do it.

Seperti dengan koin dan perangko, senyum juga punya klasifikasi dan label yang dapat di kelompok dengan identifikasi sbb:

1:. Senyum bahagia...  adalah senyum  orang suci, senyum para bayi dan orang-orang kudus. Sayangnya saya tidak bertemu orang suci tapi saya telah menyaksikan  flash senyum  pertama para bayi sebagai cinta pada ibu mereka. 

2:. Senyum manis...   adalah senyum yang terburuk dan selalu muncul  pertama kali dan terlintas, yang memiliki ciri2 khas ketika orang mau melakukan  or mengerjakan sesuatu. 

3:. Senyum mengerti...  adalah Senyum yang tiba-tiba dari orang2 yang berpikir bahwa mereka telah menyerap konsep/pemikiran yang rumit.

4:. Senyum tidak mengerti...  adalah senyum ketika menjadi korban yang  sama sekali tidak tahu apa yang terjadi.

5:. Senyum pengakuan...  adalah senyum  paling spontan dan menyenangkan.

6:. Senyum monalisa...  adalah senyum  karena cacat bawaan pada otot wajah. 

7:. Senyum kemenangan... adalah senyum tanpa pemahaman dan merasa mengalahkan diri sendiri tanpa perlu mengerti. (membohongi diri sendiri)

8:. Senyum Sardonic...  adalah senyum orang yang tidak pernah tahu apakah senyum adalah tersenyum pada Anda atau karena  lelucon Anda.

9:. Senyum bergigi ( Wink)... adalah senyum orang yang beruntung mempunyai satu set gigi indah .

10:. Senyum ompong... adalah senyum keajaiban. 

11:. Senyum okular... adalah senyum orang yang memiliki gigi kotor atau hitam.

12:. Senyum menantang... adalah senyum  orang yang malang dan siap jadi korban kesombongan atau kegenitan.

. 13 Senyum sendiri...  adalah senyum orang yang penuh misteri, bisa saja habis orgasme atau lupa minum obat.

. 14 Senyum superior...  adalah senyum  bermakna ngeyek or menghina dan biasanya orang ini salah habitat atau tidak di terima habitatnya.
    Dan mungkin masih banyak senyum lain yang belum saya koleksi, termasuk senyum anda yang membaca koleksi senyum saya.......
    Continue Reading

    Januari 25, 2011

    CROP CIRCLE ? UFO OR HELLOKITTY...

    Posted by aryudiwai at 23.40
    Crop Circle adalah suatu pola rumit yang terbentuk pada ladang-ladang tanaman gandum, barley, rye, jagung, lobak dll. Fenomena ini biasanya muncul di musim panas saat ladang pertanian ditumbuhi dengan tanaman dan banyak ditemukan di Inggris, Canada, Amerika, Australia dan Jepang.Sudah hampir 350 tahun semenjak kemunculannya pertama kali di Inggris pada tahun 1647, sampai sekarang belum ada jawaban yang pasti bagaimana cara mereka terbentuk.

    Dari masa ke masa, Crop Circle semakin banyak bermunculan dengan pola-pola yang rumit dan luar biasa kompleks. Beberapa diantara Crop Circle yang muncul mengambil image stereotip makhluk luar angkasa yang digambarkan dalam film-film fiksi ilmiah, fraktal, dan simbol-simbol arkeologi, agama, atau mitologi.
    Akibatnya Crop Circle memunculkan banyak spekulasi dan mengundang banyak perdebatan. Para penggemar hal-hal paranormal dan pakar UFO menawarkan teori-teori yang belum mendapatkan bukti konkrit dan masih bersifat opini dan pada akhirnya menerima kritik dari berbagai kelompok skeptis seperti "Inquiry Skeptical Comitte".


    Kompleksitas pola Crop Circle yang meningkat dari tahun ke tahun memunculkan kesan seakan-akan pembuatnya telah mendapatkan kemampuan baru berdasarkan pengalaman dari hasil karyanya yang sebelumnya. Ada berbagai teori yang ditawarkan sebagai solusi fenomena Crop circle diantaranya: 

    -Cuaca
    Menurut fisikawan dari Universitas Michigan, AS yakni Dr.Delon Smith, bahwa perubahan musim panas tidak menentu, angin tornado adalah sebab utama yang menyebabkan lingkaran aneh itu. Melalui risetnya dia mendapati, bahwa sejumlah besar lingkaran aneh di ladang gandum yang muncul di sisi gunung atau daerah yang berjarak 60-70 km dari gunung, dimana tempat seperti ini adalah tempat yang mudah sekali membentuk angin tornado.Tetapi tentu saja aneh jika angin tornado bisa membuat pola sekompleks itu.

    -Medan Magnet 
    Dalam medan magnet terdapat suatu daya gerak yang dapat menghasilkan suatu arus listrik, sehingga tanaman “berbaring datar” di atas permukaan tanah. Ahli terkait asal AS yakni Jeffery Walson telah meneliti 130 lebih lingkaran ladang gandum, dan didapati bahwa 90 % disekitar lingkaran aneh tersebut terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel tegangan tinggi. Di bawah panjang garis keliling sepanjang 270 meter tersebut terdapat sebuah kolam, oleh karena di-airi, maka ion yang dikeluarkan tanah dari bagian dasar ladang gandum dapat menghasilkan elektrik negatif, sedangkan transformator yang dihubungkan dengan kabel tegangan tinggi menghasilkan elekrik positif. Setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan dapat menghasilkan energi magnet listrik, selanjutnya merobohkan gandum lalu membentuk lingkaran aneh. Teori ini juga masih terlihat meragukan mengingat kompleksitas Crop Circle.

    -Heterodoxy
    Penganut teori ini percaya bahwa Crop Circle memnyimpan berbagai macam kekuatan gaib. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa sesungguhnya bumi itu hidup dan Crop circle adalah cara bumi mengirimkan pesan pada manusia atau memperingatkan kejadian bencana alam.

    -UFO atau mistisme
    Crop Circle sering dianggap sebagai jejak bekas pendaratan UFO, atau cara alien berkomunikasi dengan manusia diperkuat dengan berita adanya penampakan sesuatu yang memiliki karakteristik seperti UFO pada beberapa peristiwa Crop Circle. eberapa peristiwa kemunculan crop Circle diberitakan sering disertai fenomena pemunculan ufo yang berbentuk bola cahaya. Sebuah video yang berhasil merekam proses terjadinya sebuah crop circle (di oliver’s castle tahun 1996, lihat foto atas) menunjukkan bahwa sebuah crop circle terbentuk dalam waktu hanya sekitar 20 detik saja, padahal besarnya mencapai puluhan meter. Bahkan muncul teori bahwa fenomena ini telah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Sebuah ukiran pahatan kayu dari abad 17 yang dinamakan “Mowing Devil” menunjukkan ada makhluk yang dipercaya adalah setan, membuat kerusakan berupa lingkaran di ladang pertanian.

    -Ulah Manusia
    Banyak pendapat yang menyatakan bahwa Crop Circle tidak mungkin merupakan hasil karya manusia, tapi apakah benar begitu? Yang kita bicarakan disini adalah "hewan" tercerdas yang pernah menginjak muka bumi, yang telah berkali-kali mengubah kemustahilan menjadi realita sehingga membuat perkataan "mustahil" jadi membosankan.Di tahun 1991 dua orang pria yang bernama Doug Bower dan dave Chorley menyatakan bahwa merekalah yang membuat Crop Circle di tahun 1978 dengan membuat pola lingkaran pada tanaman menggunakan alat-alat yang relatif sederhana seperti papan, tali dan kawat, hanya dengan peralatan tersebut mereka dapat membuat Crop Circle berbentuk lingkaran berdiamater 40 kaki (12m) dalam 15 menit. Singkat cerita, karena apa yang mereka kerjakan tidak mendapatkan publisitas signifikan, akhirnya mereka memutuskan kembali membuat Crop Circle dengan pola yang lebih rumit di Matterly Bowl, tepat di luar Winchester Hampshire, sebuah lokasi yang mudah terlihat oleh pengendara dari jalan raya. Chorley meninggal pada tahun 1996, dan Doug Bower telah membuat Crop Circle lagi di tahun 2004.

    Teori lain yang cukup menarik datang dari Jerry Decker, Cheyenne Turner, Ron Barker, Chuck Henderson yang juga mereka kemukakan dalam diskusi bersama kolega-kolega dari KeelyNet (selengkapnya mengenai KeelyNet lihat sumber). Sebagian isi teori itu menyebutkan bahwa Crop Circle yang muncul di amerika ada hubungannya dengan salah satu program pertahanan serangan rudal balistik nuklir strategis yang dibuat oleh Presiden AS Ronald Reagan pada 23 Maret 1983  : Strategic Defense Initiative (SDI)  atau juga dikenal dengan sebutan Star wars program.

    Teori mereka kurang lebih sebagai berikut : 

    Sejak pengoperasian SDI (Star Wars program) manusia memiliki kemampuan memproyeksikan sinar laser intensitas tinggi segera diikuti tegangan listrik yang tinggi ditujukan ke suatu tempat yang dituju di bumi.
         

    SDI menggunakan laser intensitas tinggi (excimer LASERS) yang menghasilkan berkas cahaya ultraviolet.  Jika laser UV tersebut diarahkan dengan tepat dari satelit ruang angkasa (dimaksudkan untuk digunakan untuk tujuan SDI), maka "menggambar" sesuatu di bumi atau di ladang tanaman tidak sulit dilakukan .
    Tanaman akan "meleleh" sehingga menyebabkan efek membungkuk. Itulah sebabnya pemeriksaan mikroskopis tangkai menunjukkan tidak adanya sobekan atau pecah selular yang akan muncul jika dibengkokkan dengan kekuatan.
    Teori ini juga menjelaskan tentang cahaya dan suara yang muncul karena dalam prosesnya, metode ini memungkinkan munculnya cahaya dan suara. 

    End Note : 
    Pada 18 agustus 2000 peneliti crop circle Colin andrews menyatakan bahwa setelah selama 2 tahun dia mempelajari crop circle-crop circle yang ada 80% adalah hoax



    Beberapa Crop Circle telah terbukti hanyalah hasil rekayasa berlatar belakang bisnis, kepentingan pribadi, pariwisata dll. Misalnya saja Crop Circle Hello Kitty yang ditujukan perusahaan Sanrio (perusahaan yang mempunya hak kepemilikan atas karakter "Hello Kitty") untuk merayakan ulang tahun "Hello Kitty" yang ke-30. Itu saja ?
    Belum.........Ada juga Crop Circle Mitsubishi Minivan yang digunakan sebagai bentuk promosi produk.




    Atau anda juga tertarik untuk "melakukan pemesanan" ?
    Kunjungi www.circlemakers.org, mereka bisa membuatkannya untuk anda dan bagi mereka waktu satu malam itu cukup.




    Andaikan saya punya ladang sepertinya bagus juga jika saya "memesan" crop circle, menyuruh mereka merahasiakan pembuatannya, lalu mempublikasikan ladang saya untuk mendapat keuntungan materi darinya, atau jika saya adalah walikota yang ingin mengembangkan pariwisata di kota saya, saya bisa membayar orang untuk saya jadikan ladangnya sebagai tempat munculnya crop circle, lalu membayar si pemilik ladang dan pembuatnya supaya merahasiakan itu semua. Tapi pada akhirnya selama belum ada fakta dan bukti pasti tentang bagaimana terbentuknya Crop Circle, fenomena Crop Circle masih akan tetap menjadi misteri....
    Manapun teori yang benar saya rasa Crop Circle dengan pola-pola artistiknya bisa menghibur apalagi kita sudah capek ama gosip politik yang makin konyol dan tolol.....
    Continue Reading

    Januari 06, 2011

    PHILOSOPHY OF HARAJUKU

    Posted by aryudiwai at 03.35
    Tiba2 saja saya  tertarik dengan dunia fashion. Dunia yang tidak pernah terpikir untuk menjadi minatku. Mungkin tidak penting ya untuk membahas kapan saya mulai tertarik? Sebaiknya saya utarakan alasan ketertarikan saya pada dunia yang tak mengenal batas usia ini.
    Saya coba memandang kesempurnaan itu dari sudut yang lain. Ada yang bilang kalau kecantikan seseorang terlihat dari pakaian yang ia kenakan. Pernyataan ini rasanya dapat menimbulkan ambigu. Pertama, dapat diartikan kalau kita harus berpakaian serba wah agar terlihat oke atau kinclong dimata orang lain. Kedua, kalau kita memakai pakaian yang tepat, baik itu bergaya sederhana, mewah, nyentrik ataupun unik, pasti kita akan terlihat oke dimata orang lain. Saya rasa pilihan kedua ini lebih masuk akal dan lebih dapat diterima oleh semua kalangan.
    Pernyataan kedua itu saya melihatnya pada Japanese Fashion Street yang diberi nama Harajuku. Ya, mereka tidak mengenal aturan dalam berbusana, atau bahkan cenderung “anti-fashion”. Fashion yang selama ini dikenal memang dipegang oleh dunia barat. Milan, New York, dan Paris merupakan tempat-tempat yang melahirkan merk-merk ternama yang mendunia. Sebut saja Prada, Chanel, Dolce & Gabbana, Louis Vuitton dan lain-lain. Fashion yang mereka tawarkan identik dengan keserasian dan kemewahan. Bahkan ada yang berkata, “Tidak peduli betapa tidak nyaman dan tersiksanya Anda dalam berpakaian, asalkan orang lain melihat Anda menawan, maka itulah yang terbaik”....hmm do u agree ?
    Saya tidak mungkin hidup dalam filosofi seperti itu. Karena hal ini juga lah, banyak orang, terutama kaum hawa, yang sibuk mengubah diri mereka menjadi (sangat) kurus agar dapat mengenakan pakaian-pakaian tersebut, sehingga bisa dibilang cantik atau modis. Akan tetapi, Harajuku menampik semua hal itu. Siapa saja berhak memakai apa saja yang ia sukai. Tidak perlu menjadi kurus (ceking) untuk menjadi seorang putri seperti dalam dongeng ala Disney. Coba tengok muda-mudi yang berkeliaran di kawasan Harajuku. Banyak pria atau wanita berbadan subur yang berpakaian bak pengeran dari Eropa atau putri Cinderella. Mereka melenggak lenggok dengan PD-nya. Mereka menepis anggapan bahwa pangeran haruslah gagah dan putri haruslah anggun dan cantik. Dikala mereka merasa nyaman, maka itulah pakaian yang pantas buat mereka.
    Dari sini saya  tertarik untuk mempelajari lebih jauh komunitas  Harajuku yang mulai diperkenalkan sejak tahun 1980-an dan kemudian mengalami fase perubahan sejak 1990-an. Harajuku diciptakan oleh kalangan anak-anak muda yang punya hobi nongkrong. Mereka yang ingin memberontak dari budaya dan tata krama Jepang mencoba mengekspresikan diri melalui gaya berbusana sehari-hari. Disamping itu, aturan sekolah yang ketat dan mengharuskan murid-muridnya berpakaian yang rapi membuat mereka mengekspresikan perasaan mereka dengan berdandan sesukanya dan kemudian berkumpul di kawasan Harajuku, Shibuya.
    Gaya Harajuku sebenarnya tidak mempunyai aturan, karena mereka cenderung melawan aturan berbusana yang ada. Warna dan jenis pakaian apapun menjadi sah untuk dipadukan walaupun terlihat tidak lazim di mata orang lain. Berbagai gaya Harajuku ini, walaupun tidak beraturan, terbagi menjadi kelompok-kelompok tersendiri, antara lain gaya Lolita, Kogal, Wamono, Ouji atau Kodona, dan lain-lain.
    Saya tidak akan membahas lebih detil mengenai gaya-gaya tersebut, melainkan akan menekankan pada ideologi atau cara pikir orang Jepang sehingga mereka bisa maju seperti sekarang, terutama ide cara berdandan ala Harajuku ini.
    Mungkin gaya Harajuku ini tampak konyol atau malah dianggap norak oleh sebagian (besar) orang. Tapi jangan salah, karena gaya inilah fashion Jepang menjadi maju pesat dan bahkan menjadikan Tokyo sebagai salah satu pusat mode dunia berdampingan dengan Milan, Paris, dan New York. Artis bule sekelas Gwen Stefani pun menyatakan diri sebagai Harajuku Lover dengan mengusung gaya Lolita.
    Kreativitas muda-mudi Jepang ini tidak lepas dari budayanya yang memang kuat. Cinta produk dalam negeri adalah salah satu mental yang mereka miliki. Kalau dipandang dari segi ekonomi, gaya Harajuku ini mampu meningkatkan ekonomi kreatif masyarakatnya, seperti yang tengah digembar-gemborkan pemerintah kita. Bagaimana tidak? Selain mengurangi pemakaian produk luar, gaya Harajuku ini menuntut para pemakai dan penjualnya untuk terus berkreasi. Mereka berlomba-lomba mendesain pakaian mereka sendiri, ditambah dengan pernak-pernik unik yang tidak dapat disediakan oleh merek-merek ternama.
    Secara tidak sengaja, saya menemukan situs yang berisi foto-foto masyarakat Jepang yang melintas di bebagai kawasan sentral di Tokyo, seperti Harajuku, Ginza, dan Shibuya. Situs ini menampilkan berbagai gaya berbusana yang mereka kenakan sehari-hari. Dikatakan bahwa ada sekitar 30 orang baru berbeda dengan gaya yang berbeda pula yang melintas di kawasan tersebut setiap minggunya. salut kreativitas masyarakat Jepang memang luar biasa. Tidak perlu memikirkan gengsi untuk berbusana, apa yang kita rasa cocok dan nyaman, maka itulah yang kita pakai....just cross my mind, gimana kalo kita bikin BATIKJUKU.....
    Lupakan barang bermerk! Itulah slogan yang diusung oleh masyarakat Jepang, terutama komunitas Harajuku. Kalau kita merasa cocok memadukan kemeja bergaris dengan celana kotak-kotak, maka silahkan pakai. Tak perlu mematok standar keserasian cara berbusana yang telah ada. Apalagi Indonesia memiliki kebudayaan yang amat beragam. Kita bisa memadukan berbagai pakaian tradisional dengan gaya yang modern, seperti yang dilakukan oleh para harajuku-ers itu. Selain melestarikan kebudayaan, kita juga bisa tetap tampil modis dengan ciri khas kita sendiri....good thinking, i like it...
    Selain meningkatkan ekonomi kreatif, budaya Jepang yang demikian dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Semahal apapun produk dalam negeri, maka uangnya akan mengalir kembali ke negara sendiri. Sebaliknya semurah apapun produk luar negeri, maka uangnya akan mengalir ke negara orang. Tak heran Jepang menjadi negara yang sangat maju. Hal ini tidak lain karena mental masyarakatnya yang luar biasa dan tidak melulu mengandalkan campur tangan pemerintah untuk dapat bergerak maju....WOW.... saya jadi terobsesi ama filosofi ini....GO HARAJUKU GO

    Continue Reading

    Januari 02, 2011

    REPUBLIK FACEBOOK

    Posted by aryudiwai at 03.34
    Bahwa facebook-an telah menjadi rutinitas harian kaum melek teknologi di Indonesia bukan sebuah kabar baru lagi. "facebook kamu apa", "punya facebook nggak" sekarang menjadi question item kalau berkenalan dengan orang baru atau bertemu teman lama. Kalau jawaban anda "apaan tuh" , bersiap-siaplah dengan jawaban balik "hari gene….??!!". Selain untuk keep in touch sama teman-teman, menemukan kembali teman LAMA dan menambah teman, kan asyik juga tuh kalau di statusku tertulis "Aryudiwai now become friends with Indah Kalalo", "Obama tagged Aryudiwai in his note".  Penting nggak sih?? Penting ya? Penting nggak? Penting lah!!!....Alay mode on

    Bukan hanya personal yang mempunyai account di situs ini tapi juga group band, perusahaan dan institusi bernama universitas pun tidak mau kalah untuk unuk eksistensi di dunia maya walaupun hanya lewat facebook. Salah satu stasiun TV local yang terkenal saja menggunakan facebook untuk berinteraksi langsung on air dengan pemirsanya. Sampai-sampai situs jejaring social yang dibuat oleh YAHUDI......ini sempat menjadi topic bahasan kaum pesantren dan mengharamkannya (aduh, kayaknya yang mengharamkan itu media deh)beberapa saat lalu. Segitunya kah? Is that a sign that facebook become one of central role in our life? Hmm…the answer is on how you place the fb in your daily life. 

    Terlepas dari pro dan kontra mengenai facebook, here are some fact of the so called facebook;
    Pertama, per April 2010, Negara dengan penetrasi tertinggi oleh facebook adalah Islandia dengan tingkat penetrasi 46, 89%. Sementara Indonesia ada di urutan 71 dengan penetrasi 1, 35%. Wajar sih, mengingat penduduk kita 200 juta lebih. 

    Kedua, USA menjadi Negara dengan jumlah pengguna fb terbanyak, 5o juta lebih. Dan Indonesia menempati posisi 9 dengan jumlah pengguna 3,1 juta pengguna. 

    Ketiga, facebook adalah website paling popular nomor 2 di Indonesia setelah google. Apa kabarnya dengan friendster? Sekarang jatuh ke nomor 6. Website local yang ada di top 10? Detik di nomor 9 dan Kaskus di nomor 10. 

    Keempat, jika facebook adalah sebuah Negara, maka dia adalah Negara ke 3 terpadat di dunia dengan jumlah "penduduk" sebanyak 750 juta. Tepat di bawah India yang berada di posisi ke 2. Indonesia  telah  disalib ama facebook sih...... Makanya, yang pada bujang, cepetan nikah dan buat anak yang banyak biar Indonesia bisa bersaing ama Facebook.... #dont try#
    World Populations: 8.Twitter 7.Brazil 6.Indonesia 5.MySpace 4.USA 3.Facebook 2.India 1.China 

    Kelima, Negara dengan jumlah pengguna terendah adalah Iraq, Estonia, dan Latvia dengan jumlah user dibawah 20. Nah kan, kayaknya kesejahteraan dan keamanan itu berbanding lurus dengan penggunaan facebook. Tapi kalau facebook bisa dipakai buat nembak musuh, user di Iraq bakal meningkat tajam tuh. Sayangnya fb cuma bisa buat nembak pasangan (emang bisa ya?) 

    Yang terakhir, rata-rata pengguna facebook mengahabiskan waktu 21 menit disana dan mengunjungi facebook rata-rata 4 kali sehari, hampir sama dengan shalat wajib harian dan mengalahkan waktu makan rata-rata orang Indonesia. So, how 'bout you? How much you spend (money and time)? For fb? 
    Setidaknya itu data yang aku dapat dari Applymagazine. Mudah-mudahan sih itu bakalan jadi soal yang bakal ditanyain sama professor penguji TESISKU nanti. Bakalan ada nggak pesaing yang akan menggeser facebook?Let we see…!!
    Continue Reading
     

    aryudiwai mind Copyright © 2009 Blue Glide is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Journal